Dawet khas Jabung Ponorogo

PONOROGO - Dawet Jabung asli Ponorogo Jawa Timur adalah kuliner khas ponorogo dimana ini adalah mirip es cendol tapi bedanya cendolnya adalah alami dan tidak ada bahan pewarna.

Kelezatannya sudah tidak diragukan lagi. Bahkan jika lebaran tiba orang dari luar kota bahkan luar pulau banyak yang datang menikmatinya.

Dawet jabung terbuat dari tepung aren yang kemudian dibentuk seperti lazimnya bentuk dawet kebanyakan. Kuah dawetnya terdiri dari santan kelapa muda yang ditambah dengan gula aren dan sedikit garam.

Untuk memperkaya rasa, maka biasanya ditambahkan tape ketan dan irisan buah nangka. Semuanya dimasukkan salam satu mangkok kecil dan ditambah dengan es batu

Pada dasarnya Dawet Jabung itu nama asalnya dari daerah Jabung di selatan Ponorogo dimana dari arah Madiun bisa ditempuh +- 40 km

Ada satu cerita yang membuat dawet Jabung itu terkenal. Jika anda pernah ke warung dawet Jabung Perhatikan pada saat penjual memberikan mangkok dawet maka dibawahnya pasti ada lepeknya.

Menurut cerita lepek tersebut tidak akan pernah diberikan kepada pembeli, jadi pembeli hanya mengambil mangkoknya saja.

Jika sampai terjadi penjualnya memberikan mangkuk dan lepeknya maka dia boleh diambil istri oleh anda. Inilah sedikit cerita mengenai dawet Jabung.

Dan pada saat bulan puasa MINUMAN segar ini menjadi salah satu menu pilihan saat berbuka puasa.Saat berbuka puasa, keramaian menghampiri deretan warung di tepi jalan perempatan Desa Jabung, Ponorogo, untuk membeli dawet jabung. Dawet jabung menjadi salah satu minuman favorit warga Ponorogo untuk berbuka puasa. Rasanya segar dan manisnya khas, cocok untuk minuman pertama saat berbuka puasa.

Konon, minuman ini sudah ada sejak puluhan tahun silam, sejak jaman Belanda dan sampai saat ini sudah generasi keempat. Cita rasa yang khas dan rasa segarnya yang unik membuat minuman ini bertahan sampai sekarang.

Dawet ini berbeda dengan minuman lainnya. Bahannya sangat sederhana; cendol, santan, pemanis, dan sedikit garam. Cendol khusus terbuat dari tepung aren. Pemanis minuman terbuat dari nira kelapa. Jika dipadukan dan diberi sedikit garam, akan terasa gurih. Karena tak menggunakan gula dan pemanis buatan, minuman ini aman dikonsumsi oleh siapapun

0 komentar:

Posting Komentar